July 30, 2014

Mekanisme Perubahan Kognitif

Menurut Robert Siegler (1998), perubahan-perubahan dalam keahlian kognitif anak meliputi: penyandian, otomatisasi, dan konstruksi strategis.
1. Penyandian
Penyandian adalah proses informasi mencapai memori. Perubahan keahlian kognitif anak bergantung pada meningkatnya keahlian menyandikan informasi yang relevan, sekaligus mengabaikan informasi yang tidak relevan.
2. Otomatisasi
Otomatisasi mengacu pada kemampuan memproses informasi dengan usaha minimal atau tanpa usaha sama sekali. Latihan akan meningkatkan kemampuan anak menyandikan informasi secara otomatis, dalam jumlah lebih besar. Contoh: saat anak dapat membaca dengan baik, mereka tidak lagi membaca huruf demi huruf, melainkan menyandikan seluruh kata. Saat tugas menjadi otomatis, usaha secara sadar tidak diperlukan lagi. Ketika pemrosesan informasi menjadi lebih otomatis, kita dapat menyelesaikan tugas lebih cepat dan lebih banyak dari sebelumnya.
3. Konstruksi Strategis
Konstruksi strategis adalah pembentukan prosedur baru pemrosesan informasi. Contoh: anak akan menyerap makna yang lebih banyak jika mereka mengembangkan strategi ‘berhenti sesaat’ (sambil menyerap apa yang dibacanya). (quls)

Speak Your Mind

*