August 29, 2014

Standar Pendidikan Anak Usia Dini

Standar PAUD merupakan bagian integral dari Standar Nasional Pendidikan sebagaimana yang diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan yang dirumuskan dengan mempertimbangkan karakteristik penyelenggaraan PAUD. Standar PAUD terdiri atas empat kelompok, yaitu: (1) Standar tingkat pencapaian perkembangan; (2) Standar pendidik dan tenaga kependidikan; (3) Standar isi, proses, dan penilaian; dan (4) Standar sarana dan prasarana, pengelolaan, dan pembiayaan.

Standar tingkat pancapaian perkembangan anak usia dini menurut Permendiknas No 58 Tahun 2009 tentang standar PAUD meliputi lima lingkup perkembangan, yaitu: 1) Nilai-nilai Agama dan Moral; 2) Fisik (Motorik Kasar, Motorik Halus, Kesehatan Fisik); 3) Kognitif (Pengetahuan Umum dan Sains; Konsep Bentuk, Warna, Ukuran, dan Pola; Konsep Bilangan, Lambang Bilangan, dan Huruf); 4) Bahasa (Menerima Bahasa, Mengungkapkan Bahasa, Keaksaraan); dan 5) Sosial Emosional.

Standar tingkat pencapaian perkembangan berisi kaidah pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini sejak lahir sampai dengan usia enam tahun. Tingkat perkembangan yang dicapai merupakan aktualisasi potensi semua aspek perkembangan yang diharapkan dapat dicapai anak pada setiap tahap perkembangannya, bukan merupakan suatu tingkat pencapaian kecakapan akademik.

Standar pendidik (guru, guru pendamping, dan pengasuh) dan tenaga kependidikan memuat kualifikasi dan kompetensi yang dipersyaratkan. Standar isi, proses, dan penilaian meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian program yang dilaksanakan secara terintegrasi/terpadu sesuai dengan kebutuhan anak. Standar sarana dan prasarana, pengelolaan, dan pembiayaan mengatur persyaratan fasilitas, manajemen, dan pembiayaan agar dapat menyelenggarakan PAUD dengan baik. (quls)

Speak Your Mind

*